Pengertian Root Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Root Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kebanyakan orang membeli smartphone android hanya tinggal memakainya saja tanpa tahu-menahu tentang Rooting pada android, dan disini kita akan membahas Pengertian Root beserta kelebihan dan Kekurangannya.

Root juga dikenal dengan istilah jailbreak. Secara harfiah, jailbreak berarti bebas dari penjara. Artinya, dengan rooting, ponsel sobat akan bebas dari hambatan atau batasan-batasan yang berkaitan dengan versi android yang digunakan. Jadi, yang dimaksud dengan root adalah upaya memodifikasi serta meng-update Read Only Memory (ROM) alias ruang penyimpanan data dalam ponsel kesayangan sobat. proses ini memberikan hak tanpa batas kepada sobat untuk mengakses dan melakukan kustomisasi performa OS. Bahkan sobat bisa menambah atau bahkan menghapus fitur yang tidak sobat inginkan pada sistem operasi android bawaan.


Kelebihan Root pada Android
Lalu apa saja kelebihan root android yang bisa sobat nikmati? Yang pasti, sobat bebas meng-install atau memasang aplikasi apa saja yang sobat butuhkan dan memerlukan Akses Root, seperti Root Exploler, Link2SD, Titanium backup, dan berbagai aplikasi lainnya. Selain itu, root android memberikan berbagai kelebihan, seperti:

  • Selama proses instalasi atau reset setting pabrik, sobat bisa mem-backup aplikasi dan sistem operasi, sehingga sobat tidak perlu meng-install ulang aplikasi tersebut.
  • Sobat bisa meng-update sistem operasi android ke versi yang lebih tinggi
  • Memaksimalkan kinerja ponsel melalui overlock prosesor
  • Sobat bisa menggonta-ganti theme sesuai keinginan

Namun, berbagai kelebihan root android di atas juga perlu ditimbang dengan beberapa kelemahannya. Meski sobat menikmati kebebasan untuk meng-upgrade android ke versi yang lebih tinggi, ada beberapa resiko root android yang perlu diwaspadai.

Kekurangan Root pada Android
Pemilik ponsel baru yang masih dalam periode garansi harus menimbang betul kebutuhan root android. Ini adalah kekurangan root android yang paling utama: yakni, menghilangkan garansi. Namun, masalah ini tetap bisa diakali. Caranya adalah dengan unrooting ponsel dan mengembalikannya ke setting asli pabrik (factory reset), sehingga kondisinya kembali ke awal. Resiko rooting berikutnya adalah ponsel menjadi lebih rentan terhadap serangan, seperti hacking, virus, atau perangkat perusak. Untuk itu, sebaiknya lakukan instalasi perangkat anti-virus jika ponsel sering sobat gunakan untuk internetan.

Kemudian, proses rooting dapat mempengaruhi sistem kerja ponsel jika tidak dilakukan secara seksama atau jika ponsel digunakan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang OS android. Meski kemungkinannya kecil, kekurangan root android berikutnya adalah resiko kegagalan saat proses jailbreak. Namun, jika hal ini sempat terjadi, maka proses rooting akan membutuhkan waktu lama karena harus dimulai dari awal atau ponsel sobat bahkan bisa mati total.

Ponsel yang dipaksa bekerja di atas kemampuannya tentunya akan tetap terpengaruh akibat rooting. Ponsel bisa menjadi lemah atau usianya bahkan lebih pendek dari yang seharusnya. Ponsel yang telah di-jailbreak juga rentan panas jika digunakan secara berlebihan. Sebagai kesimpulan, root android memang menawarkan banyak kelebihan bagi pengguna, khususnya bagi sobat yang gemar download game atau aplikasi; namun, apa itu root android, kelebihan, serta kekurangannya mesti dipertimbangkan secara matang, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

2 Responses to "Pengertian Root Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. Jadi lebih bagus ngeroot atau tidak gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di root kalo menurut ane pribadi
      tapi kalo di root,garansi bisa ilang

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan benar.
Sobat sopan kami lebih sopan.